Fasilitator

RINI UTAMI ICHRAM

Rini Utami Ichram, akrab dipanggil Rini, diawal karirnya bekerja diperusahaan konstruksi sesuai dengan pendidikan formalnya, Teknik Sipil di Universitas Indonesia. Namun ‘pasion’ sejatinya dibidang Sumber Daya Manusia yang di ‘temukannya’ saat bekerja pada sebuah perusahaan jasa perminyakan, telah membawanya menjadi HR Manager di Kondur Petroleum SA (sampai tahun 2003) dan HR Advisor di EMP Kangean selama 3 tahun (2004 - 2007).

Sejak tahun 2004, Rini dan beberapa rekannya mendirikan PT Adidaya Solusi yang bergerak dibidang training dan konsultan bidang Sumber Daya Manusia. Sejak saat itu, Rini mencurahkan seluruh perhatiannya pada perusahaan migas, khususnya di bidang manajemen SDM — bahkan sampai saat ini. Dia menyandang sertifikasi Certified Compensation Professional (CCP) dari American Compensation Association, AS dan Human Resources Development (Organization Development, Career Development, Training and Development) dari Ateneo de Manila University, Pilipina. Bidang keahliannya adalah sebagai Fasilitator, Trainer dan Mentor mengenai topik-topik terkait SDM (terutama Compensation & Benefits dan Industrial Relations), serta sebagai Konsultan dan Penasihat untuk penyusunan Peraturan Perusahaan, Personnel Manuals, HR Policies and Procedures dan dokumen terkait dengan HR Audit — khususnya untuk perusahaan migas. Dia juga menjadi tenaga ahli dalam diskusi bipartite mengenai ketenagakerjaan pada beberapa PSC, serta sebagai nara sumber pada negosiasi PKB/CLA.

Klien Rini mencakup praktis seluruh perusahaan migas di Indonesia: Black Platinum Energy dan North Sokang Energy, BP Indonesia, SKKMigas (dulu BPMIGAS), Bukit Energy (Bohorok), Central Sumatra Energy, HESS Indonesia (Pangkah), JOB PHE & Medco (Tomori), Kodeco Energy, Medco Energy, Murphy Oil, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Petronas Carigali, Salamander Energy, Star Energy, Sumatera Persada Energi (SPE), Triangle Pase Inc., Patina Groups, Donggi Senoro LNG, Premier Oil, Total Indonesie dan Salamander Energy, Pertamina, beberapa perusahaan jasa bidang migas seperti Qui Handika, Singgar Mulia, Kota Minyak dan Petronas Niaga serta perusahaan non migas seperti Pupuk Kujang.

Sebagai bagian dari “CSR” pribadinya, ditengah kesibukan yang cukup padat, Rini dan beberapa rekannya meluangkan waktu untuk mengajar dan berbagi ilmu/pengalaman bagi para Pekerja bidang SDM maupun siapa saja yang berminat dalam bidang SDM umum (generalist) agar mereka memahami aspek-aspek bidang SDM secara komprehensive, mulai penerimaan Pekerja sampai pemutusan hubungan kerja.

Melalui kekayaan pengalamannya, keluasan pengetahuannya serta pendekatannya yang arif, penuh respek dan ringan tangan, Rini menjadi sosok yang sangat disegani di komunitas SDM di perusahaan migas Indonesia.


Kembali ke halaman Fasilitator...