Fasilitator

MAMAD SAMADI

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Mamad merintis karier awalnya di bidang finansial. Dia kemudian bekerja di Pertamina pada tahun 1990 dan pensiun pada tahun 2011. Mamad meraih gelar master ganda, yaitu Magister Management dari Universitas Padjadjaran dan dari Kentucky University, USA, pada tahun 1998. Jabatan terakhirnya adalah Senior Vice President of Human Resources. Di usia 60 tahun, dia menyelesaikan Certified Financial Planning.

Mamad telah mengikuti berbagai pelatihan dan seminar baik di Indonesia maupun di luar negeri (Singapore, Melbourne, London, Jeddah, Tokyo dan Manila) dalam berbagai bidang: Accounting, TNA, Time Management, Audit, Cost and Benefit of HR, The Changing Nature of HR, Leadership Development Program, Performance Management, ARTDO, C & B, Safety Management dan Effective Business Skills.

Mamad adalah seorang yang aktif berkontribusi. Dia menjadi Komisaris pada beberapa anak perusahaan PT Pertamina. Selain itu, dia banyak berperan sebagai fasilitator, trainer dan pembicara dalam berbagai program pelatihan in house di Pertamina, antara lain di bidang Communication, Listening, Personal Effectiveness, Mindset Management, C & B, Team Building, Leadership, Performance Management, Problem Solving and Decision Making. Dia juga menjadi pengajar (non-permanen) pada dua Sekolah Menengah Atas, khususnya di bidang Keuangan, Pajak, Audit, Sumberdaya Manusia dan Bisnis.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Mamad melakukan persiapan dan perencanaan yang saksama untuk menjalani masa pensiunnya.Kesiapannya memang membuahkan hasil yang luar biasa. Sekarang Mamad mengelola kos sebanyak 91 pintu di daerah Jakarta, Bekasi dan Bandung.

Dengan ketrampilannya sebagai fasilitator, kepribadian yang ramah dan menyenangkan, Mamad sering diminta berbagi pengalaman menjadi pengelola kos yang sukses. Beberapa kliennya: Chevron, Pertamina (Persero), ConocoPhillips, Expans Petrogas Internusa, Kaltim Prima Coal, Alfamart, HM Sampoerna, PTPN III, Pelindo 3, Semen Padang, PemProv DKI, Kemendiknas.

Bagi dia masa pensiun adalah karier kedua dalam hidup kita dan merupakan kesempatan besar untuk menjelajahi keterampilan kita dalam berbisnis untuk menambah nilai bagi orang lain.


Kembali ke halaman Fasilitator...