Fasilitator

ARDE WISBEN

Ben menyelesaikan Pendidikan Ahli Pekerjaan Sosial di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) di Bandung. Dia telah menyelesaikan Magister Pendidikan dari Universitas Pelita Harapan. Meski tak sempat selesai, Ben juga pernah belajar di Kajian Wanita Universitas Indonesia.

Tahun 2010, Ben mendapatkan penghargaan dari Komisi Nasional Lanjut Usia untuk penulisan artikel yang mengupas soal lanjut usia yang masih produktif di Indonesia.

Meski saat ini lebih banyak menghabiskan waktu dalam kegiatan pelatihan, Ben menganggap masa-masa terbaik dalam hidupnya adalah ketika bekerja dalam praktek pekerjaan sosial. Mendampingi korban selamat dari Tsunami Aceh, gempa Padang dan Mentawai, guna memberi penguatan atas kesedihan yang mendalam akibat kehilangan anggota keluarga. Menyiapkan para pengungsi antar bangsa untuk melanjutkan kehidupan mereka yang baru dibawah program United Nation High Commission for Refugee (UNHCR).

Pengalaman dan praktek bekerja dengan beragam kelompok masyarakat menjadikan Ben sering diminta untuk jadi narasumber ketika perusahaan berencana mengembangkan program-program untuk Corporate Social Responsibility. Diantara perusahaan tersebut adalah: Pertamina dan anak perusahaan Pertamina, perusahaan-perusahaan tambang dan kelapa sawit yang beroperasi di Kutai Barat

Ben sangat berhasrat untuk belajar lebih banyak. Ia sangat terinspirasi oleh kata-kata dari William Butler Yeats: “Pendidikan bukanlah mengenai bagaimana mengisi ember, tetapi menyalakan api.” Karenanya, dalam setiap pelatihan, Ben lebih banyak melakukan peran sebagai coach, memfasilitasi peserta untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dengan cara yang mereka senangi.

Ben telah melayani beberapa perusahaan antara lain; ConocoPhillips, Petronas Cari Gali Indonesia, Chevron, British Petroleum, Dharmala Intiland, DHL Danzas, AGGREKO, Federasi Panjat Tebing, British American Tobacco dan APL Logistic.

Kreatifitas dan rasa humor yang tinggi membuat peserta program yang difasilitasi Ben menikmati proses belajarnya.


Kembali ke halaman Fasilitator...