Fasilitator

AGUS PRAMUDYA TRESNAISDIANTO

Mengawali karirnya sebagai psikolog sejak 1986 setelah menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi UNPAD Bandung jurusan Psikologi Industri dan Organisasi dan pendidikan S2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada bidang kekhususan yang sama yaitu Psikologi Industri dan Organisasi. Mulai bekerja sejak mahasiswa sebagai asisten psikolog paruh waktu di PT Telkom kemudian setelah lulus bekerja di swasta yaitu dealer mobil dan perusahaan Dharmala Holding company sebagai asesor psikologi untuk seleksi pegawai.

Sejak tahun 1990 sampai sekarang Aguspram bekerja di lembaga riset pemerintah BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang digagas oleh BJ. Habibie sebagai psikolog yang menangani masalah pengembangan sdm melalui rekruitmen dan seleksi psikologi baik untuk karaywan BPPT sendiri juga seleksi beasiswa pendidikan ke luar negeri bagi karyawan lembaga riset pemerintah seluruh Indonesia.

Saat ini Aguspram bekerja di Pusat Teknoprener dan Klaster Industri BPPT, disamping sebagai psikolog untuk seleksi calon pengusaha pemula berbasis teknologi (startup) serta fasilitator untuk mendampingi (startup) dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat khususnya adalah pendampingan segi mental/psikologi untuk membekali para startup tersebut selama proses inkubasi untuk terjun dalam bidang kewirausahaan (entrepreneurship). Kegiatan lainnya adalah sebagai fasilitator dalam melakukan pendampingan beberapa perguruan tinggi negeri seperti UNS, UNDIP, UNSRI dan swata lainnya dalam menyusun kurikukulum technoprenership.

Disamping bekerja di BPPT, sejak tahun 1996 sampai sekarang Aguspram bekerja paruh waktu setiap hari Sabtu di MAN Insan Cendekia Serpong (Islamic Boarding School setingkat SLTA) sebagai psikolog untuk menangani kesulitan belajar maupun masalah pribadi siswa serta seleksi psikologi bagi guru dan karyawan. Kemampuan interpersonal dan komunikasi persuasif merupakan bekal Aguspram dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta permasalahan guru-guru dalam proses belajar mengajar.

Untuk menunjang pekerjaaannya sebagi psikolog, Aguspram memiliki sertifikat sebutan sebagai Psikolog No. 0102050747 dan Surat Ijin Praktik sebagai psikolog No. 0446-11-2-1 yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Indonesia Psychological Association). Disamping itu Aguspram memiliki Certified Behavioral Analyst untuk administrasi DISC test maupun intrepretasinya untuk keperluan pemetaan kecenderungan perilaku individual maupun komposisi team yang efektif.

Menyadari akan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, Aguspram lebih menyukai dan mementingkan kolaborasi dan sinergi dengan otrang lain dari berbagai latarbelakan pendidikan dan keahlian daripada bekerja secara individual. Kolaborasi dan sinergi ini sangat penting karena psikologi sebagai ilmu perilaku manusia memerlukan pendekatan yang berbeda tergantung dari konteks atau permasalahan yang dihadapi. Untuk itu Aguspram memiliki minat yang tinggi untuk belajar dan belajar lagi dalam rangka menambah wawasan maupun pengetahuannya baik dari literatur yang ada maupun para pakar tua maupun muda. Senjata yang digunakan untuk hal tersebut adalah kesedian bertanya dan mendengar orang lain baik sebagai psikolog dalam melakukan pendampingan klien maupun bekerja dalam team.

Kompetensi lainnya disamping psikologi adalah dalam bidang multimedia seperti fotografer, videografer dan desain grafis yang didapatnya dari beasiswa dari JICA Japan International Corporation Agency di Okinawa-Japan selama 6 bulan. Dengan kompetensi ini Aguspram banyak diminta bantuannya untuk membuat dokumentasi untuk keperluan perusahaan maupun kegiatan sosial lainnya seperti pernikahan ataupun sekedar hobi dalam format printing seperti backdrop, buku, foto digital maupun video digital.

Bermain musik merupakan hobi sejak kecil karena Aguspram dibesarkan dari lingkungan bermusik. Ayahnya memiliki group band di kota kelahirannya Cirebon. Kemampuan bermain musik ini khsusnya bermain drum dalam group band membekali Aguspram untuk mempererat hubungan interpersonal secara informal dengan rekan kerjanya maupun sebagai wadah untuk selalu melatih diri untuk bersinergi dan kerjasama serta meningkatkan emphati untuk menghasilkan karya musik maupunkarya lainnya.

Moto “Memang baik menjadi orang penting tapi lebih penting menjadi orang baik” merupakan kata-kata yang selalu menjadi acuan dalam melakukan kegiatan apapun. Aguspram percaya janji Allah SWT bahwa kebaikan akan dibalas oleh kebaikan pula dikemudian hari dalam bentuk yang berbeda dan oleh orang yang berbeda serta waktu yang berbeda.


Kembali ke halaman Fasilitator...