Fasilitator

AAT INDRAWATI

Aat menyelesaikan pendidikan Fakultas Psikologi jurusan Klinis di Universitas Padjadjaran tahun 1979. Dia memulai kariernya sebagai fasilitator dan konselor.

Aat mendalami topik Marriage Counselling, Soft Skills Trainning, Support Group, Coaching Counseling, Customer Service, Leadership Development, People Development dan Communication Skills/Assertive Communication. Dia mengembangkan program assesment serta seleksi dalam rangka peningkatan karier individu dan promosi jabatan, juga melakukan program Coaching Counseling bersama pembekalan untuk melakukan mentoring bagi Perusahaan tersebut.

Perjalanan hidup Aat kaya dengan banyak kegiatan. Selama 10 tahun, dari tahun 1980–1990, Aat bekerja sosial di Lembaga Bantuan Hukun untuk Wanita dan Keluarga — melakukan konseling dan proses mediasi perselisihan keluarga serta kasus kekerasan dalam keluarga. Sejak tahun 1995 dia mengembangkan Program Pribadi Efektif bagi Publik, Guru Efektif, dan Program Orang Tua Tepat Terampil. Pada tahun 1998 dia membangun Program “Emotional Quotient Camp” bagi anak-anak dan remaja untuk publik.

Kepribadian Aat yang lembut, mudah bergaul dan ceria memudahkan orang untuk terbuka kepadanya. Sebagai psikolog, dia aktif membantu kliennya untuk menyiapkan pengembangan potensi sebagai pemimpin dan membekali persiapan masa pensiun antara lain di Telkom, KBUMN, SekJen DPR, DEPDIKNAS, Pertamina, Astra Group (AHM, FIF, TRAC), Toyota Group, Daihatsu, WIKA Group, Trakindo, PLN, CIMB Niaga, BNI 46, BCA, Holcim Indonesia, SOHO dan Phapros.

Aat senang menjahit, memasak dan membaca serta aktif dalam bidang sosial. Dia membina Yayasan Pesantren Anak Yatim Piatu; saat ini ada 35 anak didik dengan pendidikan dari SD sampai mahasiswa yang diasramakan. Untuk mengenang almarhumah ibunya, Aat memberi nama pesantren tersebut Pondok Pesantren Al Qomariah.

Menyadari akan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, Aguspram lebih menyukai dan mementingkan kolaborasi dan sinergi dengan otrang lain dari berbagai latarbelakan pendidikan dan keahlian daripada bekerja secara individual. Kolaborasi dan sinergi ini sangat penting karena psikologi sebagai ilmu perilaku manusia memerlukan pendekatan yang berbeda tergantung dari konteks atau permasalahan yang dihadapi. Untuk itu Aguspram memiliki minat yang tinggi untuk belajar dan belajar lagi dalam rangka menambah wawasan maupun pengetahuannya baik dari literatur yang ada maupun para pakar tua maupun muda. Senjata yang digunakan untuk hal tersebut adalah kesedian bertanya dan mendengar orang lain baik sebagai psikolog dalam melakukan pendampingan klien maupun bekerja dalam team.

Kompetensi lainnya disamping psikologi adalah dalam bidang multimedia seperti fotografer, videografer dan desain grafis yang didapatnya dari beasiswa dari JICA Japan International Corporation Agency di Okinawa-Japan selama 6 bulan. Dengan kompetensi ini Aguspram banyak diminta bantuannya untuk membuat dokumentasi untuk keperluan perusahaan maupun kegiatan sosial lainnya seperti pernikahan ataupun sekedar hobi dalam format printing seperti backdrop, buku, foto digital maupun video digital.

Bermain musik merupakan hobi sejak kecil karena Aguspram dibesarkan dari lingkungan bermusik. Ayahnya memiliki group band di kota kelahirannya Cirebon. Kemampuan bermain musik ini khsusnya bermain drum dalam group band membekali Aguspram untuk mempererat hubungan interpersonal secara informal dengan rekan kerjanya maupun sebagai wadah untuk selalu melatih diri untuk bersinergi dan kerjasama serta meningkatkan emphati untuk menghasilkan karya musik maupunkarya lainnya.

Moto “Memang baik menjadi orang penting tapi lebih penting menjadi orang baik” merupakan kata-kata yang selalu menjadi acuan dalam melakukan kegiatan apapun. Aguspram percaya janji Allah SWT bahwa kebaikan akan dibalas oleh kebaikan pula dikemudian hari dalam bentuk yang berbeda dan oleh orang yang berbeda serta waktu yang berbeda.


Kembali ke halaman Fasilitator...